Minggu, 21 November 2010

KONSEP KESEHATAN

Pengertian kesehatan itu telah memiliki standar internasional yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO), yaitu:
“Kesehatan Adalah suatu kondisi Sejahtera Jasmani Rohani serta Sosial Ekonomi” (WHO).
Penyakit-penyakit Kronis yang Umum:
Strok: Setiap hari, 110 rakyat Malaysia terserang strok. Strok adalah pembunuh ke-3 tertinggi setelah kanker dan penyakit jantung. Lebih dari 40.000 kasus baru dijumpai setiap tahunnya. (Malaysian Medical Resources, 17 Oktober 2005)
Kencing Manis: Pada saat ini terdapat kira-kira 194 juta orang mengidap penyakit kencing manis di seluruh dunia. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 333 juta menjelang tahun 2025. (Sunday Medical’s Informative LifestyleEditional, Volume 7/2005).
Sakit Jantung : Penyakit jantung dan strok diperkirakan akan menjadi faktor utama kematian dan kecacatan fisik di seluruh dunia menjelang tahun 2020, dengan perkiraan jumlah kasus akan bertambah lebih dari 20 juta hingga 24 juta pertahunnya pada tahun 2030. (Atlas of Heart Disease and Stroke, WHO, September. 2004).
Kanker : Kanker telah mengakibatkan 7,1 kematian setiap tahun (12,5% dari jumlah seluruh dunia). Jumlah kasus baru setiap tahun diperkirakan akan meningkat dari 10 juta pada tahun 2000 menjadi 15 juta pada tahun 2020. Kanker adalah faktor kematian yang ke-2 terbesar setelah penyakit kardiovaskular pada negara-negara berkembang. (WHO).
Kesehatan manusia dipengaruhi oleh 6 faktor yaitu:
  • Udara
  • Air
  • Makanan dan minuman
  • Olah raga teratur
  • Istirahat yang cukup
Apabila keenam faktor tersebut terganggu atau bermasalah, maka otomatis kesehatan kita juga akan terganggu, mau atau tidak mau, sadar atau tidak kita hidup di zaman penuh polusi dari zat kimia baik itu air, udara, maupun makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.
Toksin dalam tubuh adalah sumber dari segala penyakit (dr. Henry Bieter).
Menurut konsep asas kesehatan, 90% dari penyakit yang dialami adalah berawal dari usus. Jika toksin dalam tubuh kita tidak disingkirkan akan mengganggu penyerapan zat makanan, mengganggu peningkatan kesehatan fisik dan pikiran (dr. Bernard Jensen).
total_health_bmMasalah-masalah kesehatan yang berkaitan dengan usus kotor
Masalah kesehatan yang sederhana: kelesuan, sakit kepala, sakit seluruh badan, kurang selera makan, insomnia, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan influenza.
Masalah kesehatan kronik: sembelit, kulit, pencernaan, badan lemah, hormon tidak seimbang, anemia, dan obesitas.
Masalah kesehatan yang Serius: tekanan darah tinggi, sakit jantung, kudis perut, sakit mental, kencing manis, masalah organ hati, penyakit ginjal, dan tumor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar